sarungtenun

Icon

tentang kehidupan dan filosofinya. apa pun yang anda pikirkan semestinya saya memikirkannya dengan berbeda.

Ruang Publik (public sphere)

F. Budi Hardiman dalam ‘ruang publik’ menuliskan, dalam era demokratisasi ini pemerintah tidak bermain sendiri di atas panggung kekuasaan. Ia harus memperhitungkan publik dan aspirasinya justru demi legitimasi kebijakan-kebijakan yang dikeluarkannya. Jika ingin sungguh-sungguh demokratis, suatu pemerintah harus membangun kanal-kanal komunikasi dengan publik. Panggung komunikasi politis dan partisipasi demokratis dalam negara hukum itulah yang dalam berbagai literatur filsafat dan ilmu-ilmu sosial dewasa ini disebut ‘ruang publik’ (public sphere).
Dalam pembentukan hukum yang berkaitan erat dengan internet, tentulah bukan hal yang sederhana. Sebagian ahli hukum bahkan membandingkan cyberlaw adalah sepenuhnya wilayah baru jika dibandingkan dengan semua hukum publik dan privat yang telah ada, dengan kata lain perlu landasan baru untuk berpijak kuat di dalam ruang-ruang baru dan sekat-sekat antara ruang publik dan privat yang lebih baru dari konsep konvensional. Dan singkatnya Theodorus Sardjito (alm.) pernah menyampaikan, jika kita ingin memiliki hukum yang kuat kita harus punya landasan pengetahuan dan basis filsafat hukum yang kokoh terlebih dahulu, tidak seperti kita selama ini di Indonesia, filsafat hukum belum pernah dibangun secara kokoh. Akibatnya hukum dan peralatan penegakannya di-hack sana-sini.microphone

Filed under: cyber, cyberlife, , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

kekasihku…

lover. now I understand, I live in this world, for a moment to meet you. and the sky was filled with thousands of angels. I bowed in the rigidity of the words, in the north pole of longing. frozen by love. _sarung

sarung tenun

saya suka dengan hal-hal yang beraroma kehidupan, segarnya dan indahnya mengikuti semuanya dengan senantiasa waspada dan penuh selidik, menggali hikmah adalah utama untuk selalu mengingatkan kita kepada 'sumber' segalanya.
saya belajar hal-hal yang menarik untuk saya sendiri. islam, desain grafis, hukum, filsafat, web mastering, sosiologi. dan semua yang berkaitan dengannya. dan saya suka berbagi banyak hal, sebatas pemahaman dan pengalaman saya. sebagai manusia pada umumnya.

%d bloggers like this: